Pengertian Post dan Page pada WordPress

Pengertian Post dan Page pada WordPress

1. Pengertian Post

Post, atau sering disebut postingan oleh orang Indonesia, adalah suatu halaman artikel yang selalu update dan biasanya jumlahnya lebih banyak daripada page (khusus untuk website kategori blog, news, atau portal). Post secara default akan muncul di halaman pertama (home), dan tertata sesuai tanggal posting yaitu artikel terakhir (terbaru) muncul paling atas. Jadi intinya adalah, posting lebih sering bertambah seiring bertambahnya umur suatu blog (dengan catatan blog secara aktif diupdate terus). Selain itu posting sangat sensitif pada waktu publikasi, serta tersimpan pada halaman arsip (archives) WordPress. Posting yang lebih lama akan terkubur lebih jauh di halaman arsip, ditumpuk oleh posting-posting terbaru.

2. Pengertian Page

Lain halnya dengan page. Page pada WordPress tidak terpengaruh dengan tanggal publikasi karena page akan berupa link yang terdapat pada tombol-tombol navigasi website berbasis WordPress dan akan terus muncul sesuai kehendak sang empunya blog. Meskipun Anda juga bisa menambah page berapapun yang Anda mau, namun itu tidak mempengaruhi halaman arsip dan tidak akan terkubur dalam website Anda. Contoh penggunaan page adalah untuk membuat halaman About, Contact Us, Servis, dan sebagainya.

Pada penggunaan page, WordPress mampu membuat link page berdasarkan hierarki. Maksudnya jika Anda membuat page dengan judul About yang merupakan parent page, kemudian contact us merupakan anak (child page) dari About page, maka pretty permalink dari page tersebut adalah http://www.blogmu.com/about/contact-us. Sebagai contoh untuk DiWordPress.com, Anda bisa melihat tombol-tombol navigasi diatas blog ini merupakan link untuk beberapa page disini. Terdiri atas About (parent page), Tentang Subkhan (child page 1), dan Hubungi Kami (child page 2).

Biasanya page lebih banyak digunakan pada website penjualan atau web company profile yang menggunakan WordPress. Bisa kebayang tidak apabila halaman “Service” pada sebuah website penjualan menggunakan post? Pasti nanti akan terkubur oleh artikel baru sehingga susah bagi pengunjung untuk menemukannya kecuali dengan memasang banner yang menonjol! :)

Oke, sampai disini apakah sudah jelas tentang pengertian dan perbedaan antara post dan page pada WordPress? Apabila kurang jelas, silakan tanyakan di comment form ya? Salam blogger Indonesia! :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s