3 Tips Mempertajam Daya Penciuman

Saat sedang flu berat, Anda pasti juga merasa kesal karena tidak bisa mencium bau makanan. Bahkan, bernafas pun menjadi susah. Ada begitu banyak kerugian yang bisa Anda alami jika daya penciuman mengalami penurunan. Karenanya, berusahalah untuk mencegah dan melatih indera yang satu ini, antara lain dengan melakukan tiga hal berikut.
Posted Image

 

Quote

1. Hindari terlalu sering flu

Kerap menderita penyakit ini dapat menurunkan daya penciuman Anda, bahkan bisa menghilangkannya. “Jika sel reseptor di dalam hidung Anda sudah rusak akibat virus flu, bisa jadi kerusakan yang sifatnya permanen,” kata R.I. Henkin, MD, dari Taste and Smell Clinic, Washington, DC. Karenanya, lebih baik mencegah daripada menyesal kemudian.

 

Quote

2. Jauhi aroma yang tajam

Paparan bau yang terlalu tajam terutama yang berasal dari obat nyamuk semprot, pembersih lantai, hingga pemutih pakaian, dapat berpengaruh pada daya penciuman. Jadi, tidak cuma bakteri dan nyamuk saja yang mati, begitu juga dengan kemampuan mencium bau. Lebih baik, pilih jenis pembersih yang sifatnya lebih alami atau setidaknya tidak dengan aroma terlalu menyengat.

Quote

3. Belajar membedakan aroma

Yang satu ini bisa Anda lakukan bersama teman-teman agar lebih menyenangkan. Cobalah makan bersama ke restoran favorit, pesan menu baru yang ada di sana, lalu baui makanan itu sambil berlomba untuk menyebutkan bahan-bahan makanan yang digunakan. Atau Anda juga bisa ikut kegiatan seperti wine tester, sekalian untuk melatih hidung mencium aroma wine yang beraneka ragam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s