Install WordPress Dengan Fantastico

Saatnya memasuki area hosting, Tutorial WordPress mencoba untuk menulis tentang install wordpress dengan Fantastico. Apa itu fantastico? mari kita pelajari bersama.

logo fantastico

Fantastico adalah aplikasi berbayar yang dapat melakukan instalasi berbagai aplikasi web secara otomatis dalam waktu yang relatif sangat cepat. Fantastico umumnya di integrasikan dengan kontol panel hosting seperti CPanel. Apabila anda melakukan instalasi aplikasi web secara manual misal wordpress, umumnya akan memakan waktu sampai berpuluh-puluh menit bahkan bisa dalam hitungan jam, maka dengan fantastico proses instalasi hanya memerlukan waktu beberapa menit saja.

Pada dasarnya fantastico bukanlah dikhususkan untuk menginstall Aplikasi WordPress saja, namun bisa untuk berbagai aplikasi yang lain seperti Joomla, drupal, PhpBB dan lain sebagainya, namun pada artikel ini adalah menerangkan untuk menginstall WordPress.

Pertama, kang Rohman anggap bahwa anda telah membeli paket hosting dan domain, dan pastikan juga bahwa hosting anda menggunakan CPanel dan mempunyai aplikasi Fantastico.

Berikut adalah langkah-langkah instalasi WordPress menggunakan Fantastico :

  1. Silahkan login ke CPanel hosting anda.
  2. Carilah icon Fantastico, klik pada icon tersebut.
    fantastico deluxe
  3. Klik tulisan WordPress yang ada disebelah kiri atas.
    wordpress pada fantastico
  4. Klik untuk New Installation.
    wordpress new installation
  5. Isi form yang ada sesuai dengan keinginan. Lanjutkan dengan klik tombol Install WordPress.
    • Install on domain : pilih nama yang ingin anda install.
    • Install in directory : Kosongkan jika ingin menginstall pada domain utama.
    • Administrator-username (you need this to enter the protected admin area) : isi dengan username admin yang di inginkan.
    • Password (you need this to enter the protected admin area) : Isi dengan password yang diinginkan. Ingat, dalam mengisi password jangan sampai asal isi, anda harus mengingatnya atau mencatatnya agar tidak lupa.
    • Admin nickname : Isi dengan nama panggilan anda.
    • Admin e-mail (your email address) : isi dengan email yang anda miliki.
    • Site name : isi dengan nama blog yang di inginkan, misal : Catatan Sang Pemimpi
    • Description : isi dengan deskripsi blog anda.

    install wordpress

  6. Jika tidak ada masalah, lanjutkan dengan klik tombol Finish Installation. finish installation wordpress
  7. Instalasi selesai. Jika ingin mengirimkan catatan instalasi ke email anda, cantumkan alamat email dan klik tombol Send E-mail.
  8. Kini, silahkan buka blog anda yang barusan di install. Seharusnya tampilannya sudah seperti berikut :
    catatan sang pemimpi
  9. Selesai.

Proses Instalasi wordpress menggunakan fantastico umumnya hanya memakan waktu 1 sampai 5 menit saja, jadi jangan katakan bahwa menginstall wordpress itu ribet deh :lol:

Tambahan

softaculousFantastico bukanlah satu-satunya aplikasi installer otomatis, masih ada aplikasi yang lain yang sering di pergunakan dalam CPanel yaitu Softaculous. Jadi, jika hosting anda tidak mendukung Fantastico, pastikan ada softaculous agar proses instalasi berbagai aplikasi yang anda inginkan dapat dilakukan dengan mudah

Tinggalkan komentar