Ragam Pilihan Modem dari Operator

Wireless Modulator Demodulator atau biasa kita dengar Modem sajah telah menjadi kebutuhan standar pengguna komputer. Well…, banyak merek modem nirkabel dipasaran, antara lain D-Link, ZTE, ProLink, Huawei, WaveCom dll. Harganya pun bervariasi dari ratusan ribu sajah sampe dua jutaan/biji juga banyak. Sesuai kecepatan koneksi dan ketahanan. Untuk harga emang masih muahal.

Modem-modem ini bisa didapat di toko komputer (saya punya stok lho he he he) dan modem ini juga ditawarkan operator-operator talipun berbasis GSM dan CDMA. Ada juga yang udah membundelnya dengan Netbuk.

Bedanya modem yang saya jual eh.. yang dijual di toko modem/toko komputer cuma satu dan tidak penting-penting banget yainu (yaini dan yainu :D ) Modem yang sayah jual eh salah lagi… modem yang dijual di toko bebaaasss bergonta-ganti pasangan operator. Kalo dagangan operator banyakan modemnya udah digembok jadi gak bisa berganti-ganti pasangan operator. Kalo operator nawarin dagangan modem tanpa digembok harganya biasanya lebih muahal betuuul… (nah dah tahu tho mo pilih yang mana?)

Ini penting banget buat yang belum tahu bedanya modem GSM dan Modem CDMA. Bedanya kalo Modem GSM ya bisanya dipakai buat kartu operator GSM dan Modem CDMA bisanya buat SimCard CDMA begitu… gak penting banget yah?

Oke sekarang mari kita lihat dari sisi teknologinya. Modem terbaru berbasis teknologi high speed downlink packet access (HSDPA) yang lebih kondiang disebut 3,5G. Modem ini menyedikan fasilitas akses data dengan kecepatan sampe 3,6 megabyte per secon (mbps), sepuluh kali lipat kecepatan akses modem 3G yang udah ngos-ngosan di spidometer 384 kilobyte per second (kbps).

Wuih kenceng yah bisa 3,6 mbps eits… jangan senang dulu bro…, itu mah cuma teori diatas bantal (mimpi kaleee) kertas. Kenyataan di lapangan jauh berbeda. Nah hal ini bisa dipengaruhi dari padat tidaknya pemakai pada saat yang bersamaan. Juga bisa dari jangkauan sinyal yang kembang-kempis malah kadang ilang toh… Emang sinyal HSDPA udah merata? keqnya belum deh… :D

Yup…, ada 4 operator GSM yang menawarkan Modem HSDPA, yakni Indosat, Telkomsel, XL dan Axis.

Untuk Modem CDMA menggunakan teknologi CDMA 2000 1x dan CDMA 200 1x EV-DO guna menghasilkan komunikasi data setara 3,5G. Kalo yang CDMA harganya lebih murah dibanding GSM.

Well…, kecepatan akses internet yang dihasilkan Modem EV-DO setara dengan Modem HSDPA. Kalo masih ada keluhan koneksi gak stabil, lemot, sering putus nyambung jangan buru-buru nyalahin modemnya tapi biasanya kualitas sinyal operatornya aja yang emang gak bagus … piiiissssssss… :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s