Tips Membeli Hosting

server hosting

Satu yang tidak kalah penting selain domain adalah Hosting. Salah memilih tempat membeli hosting berarti penderitaan yang akan selalu dirasakan oleh website anda. Oleh karenanya, ID Tutorial mencoba berbagi tips Membeli hosting.

Memilih hosting yang tepat memang gampang-gampang susah, jika salah pilih maka segala aktivitas website anda akan terganggu. Silahkan simak beberapa tips berikut yang mudah-mudahan ada manfaatnya.

Pastikan membeli hosting pada website terpercaya

Beberapa indikator yang dapat dijadikan referensi bahwa website penjual hosting terpercaya adalah :

  • Cari informasi sebanyak mungkin mengenai website tersebut dengan bertanya kepada teman anda yang dipercaya, informasi dari forum-forum di internet, mesin pencari seperti google dan lain-lain.
  • Cek umur domain website penjual hosting tersebut. Untuk mengecek umur domain, anda bisa menggunakan tool whois yang banyak beredar di internet, beberapa contoh whois tool : http://www.whois.net, http://whois.domaintools.com, http://who.is dan lain-lain. Lamanya umur sebuah domain menandakan seberapa eksis domain tersebut di internet, semakin tua berarti semakin bagus.
  • Cek google page rank. Untuk mengecek google page rank, anda bisa menggunakan tool page rank checker seperti : http://www.prchecker.info, http://www.mypagerank.net dan lain-lain. Google page rank mempunyai peringkat 1 – 10, semakin besar semakin baik, peringkat 10 adalah peringkat paling baik. Jika website penjual hosting mempunyai page rank yang bagus, maka ini sedikit mengindikasikan bahwa website tersebut terpercaya karena mendapatkan page rank itu tidak mudah dan perlu waktu yang lama.
  • Cek alexa rank. Untuk mengecek alexa rank anda bisa menggunakan tool dari http://www.alexa.com. Peringkat alexa atau alexa rank terbalik dengan page rank, untuk peringkat alexa peringkat semakin kecil adalah semakin baik, peringkat 1 adalah peringkat terbaik untuk alexa rank. Kisaran alexa rank yang bagus yaitu sekitar 500.000 kebawah. Jika website penjual hosting mempunyai peringkat di bawah 500.000 ini menandakan bahwa website tersebut memang ramai dikunjungi.

Pastikan penjual hosting mudah untuk di hubungi

Belilah hosting pada website yang penjualnya mudah untuk di hubungi, misal ada fasilitas menghubungi melalui telephone, live support, yahoo messenger, email dan lain sebagainya. Pastikan juga bahwa penjual tersebut mempunyai alamat kantor atau rumah yang jelas sehingga apabila suatu saat terjadi hal yang tidak di inginkan, anda bisa mendatangi langsung instansi atau orang yang menjual hosting tersebut.

Jauh lebih baik apabila layanan support adalah 24 jam sehingga apabila suatu saat website anda bermasalah yang berhubungan dengan hosting bisa langsung ditangani.

Jangan terlalu tergiur dengan harga murah

Mencari hosting dengan harga murah tentunya dambaan para pembeli, namun harga yang sekiranya tidak wajar harus diwaspadai. Jangan sampai terjadi anda membeli hosting dengan harga murah namun kualitas murahan. Ada baiknya anda membandingkan terlebih dahulu harga dari satu penjual hosting dengan penjual yang lainnya.

Perhatikan Software-software yang dipergunakan

Penjual hosting biasanya mencantumkan software-sofware yang mereka pergunakan, seperti CPanel, Fantastico, Softaculous, php dan lain sebagainya. Perhatikan juga versi softwarenya, misal php versi berapa yang dipergunakan, usahan versi yang digunakan adalah yang terbaru.

Terkadang untuk menginstal suatu script, katakan plugin wordpress dan lain sebagainya memerlukan versi PHP yang baru.

Perhatikan Fasilitas serta fitur yang diberikan untuk setiap paket hosting

Jangan lupa untuk memperhatikan benar-benar fasilitas apa yang akan anda dapatkan nantinya jika anda membeli paket tersebut, misal apakah ada fasilitas addon domain, subdomain, email dan lain sebagainya.

Belilah paket hosting sesuai kebutuhan

Sebelum membeli sebuah paket hosting, sebelumnya anda harus mempunyai perkiraan kebutuhan anda. Untuk website yang baru dibuat dan pengunjungnya baru terbilang puluhan sampai ratusan perharinya, itu tidak memerlukan paket hosting yang bagus dengan harga mahal karena itu adalah penghamburan.

Ada baiknya anda tidak langsung membeli paket yang mahal, karena apabila kebutuhan sudah meningkat anda bisa melakukan upgrade untuk paket yang lebih baik.

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s