Mengambil Screenshot dari Perangkat Android

Proses pengambilan screenshot di perangkat Android tidak semudah OS-OS lainnya. Anda diharuskan melalui proses yang cukup panjang dan rumit untuk dapat mengambil screenshot yang secara resmi diizinkan di OS android. Ada satu cara yang dapat dilakukan untuk mempermudah proses tersebut, yaitu dengan bantuan sebuah aplikasi bernama Screenshot It.

Posted Image

Software yang dikembangkan oleh Edward Kim ini merupakan sebuah utilities yang dapat dijadikan sebagai alat bantu untuk mengambil screenshot dengan berbagai tujuan penggunaan. Anda dapat menggunakan Screenshot It untuk berbagi informasi yang ada di perangkat Android Anda.

Platform

SonyEricsson Xperia X10 Mini Pro

Prosesor: 600 MHz

Memory: 170 MB

Network: GSM/HSDPA/WiFi/Bluetooth

Camera: 5 Megapixel

Keyboard: Qwerty keyboard

OS: Android Eclair

Instalasi

Dibutuhkan sebuah rooted device agar aplikasi ini dapat ter-install dan berjalan dengan baik. Anda dapat mengunduhnya langsung dari Android Market atau mengunjungi situs resminya untuk mendapatkan apk filenya. Kapasitas aplikasi ini setelah proses instalasi berlangsung tidak banyak memakan ruang memory.

Feature

Sebagai salah satu utilities untuk mengambil gambar atau screenshot di handphone dengan platform Android OS, Edward Kim selaku pengembang software ini memberikan banyak feature dan mengembangkannya dengan kemampuan yang dapat diandalkan. Berikut beberapa feature menarik yang kami temukan di aplikasi ini.

Easy to Take – Dengan menggunakan utilities ini, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot di perangkat Android. Pengambilan gambar dapat mudah dilakukan langsung di perangkat dan tidak perlu melakukan proses yang panjang. Aplikasi ini memang mengandalkan kemudahan sebagai salah satu feature utama.

Shake Your Device – Pengambilan gambar dapat dilakukan dengan dua cara, yang pertama dengan cara meletakkan ikon screenshot di taskbar atau dengan cara menggoyangkan device Anda. Setting ini dapat mudah Anda sesuaikan dengan keinginan.

Posted Image

Save Data – Seteleh proses pengambilan screenshot dilakukan, aplikasi ini langsung menyimpan gambar ke dalam memory internal atau eksternal sesuai dengan pilihan Anda. Setelah selesai dengan proses menyimpan gambar, Anda dapat langsung melihat screenshot yang telah diambil.

Screenshot Delay – Pihak developer menyediakan waktu dengan beberapa pilihan delay yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan sebelum screenshot diambil. Dengan adanya delay, Anda dapat memastikan waktu pengambilan screenshot itu sendiri.

Image Format– Untuk mempermudah dukungan terhadap penerima screenshot yang Anda kirim, software ini mendukung dua buah format image yang biasa digunakan di kalangan masyarakat luas. Kedua format tersebut adqalah Jpeg dan Png.

Posted Image

Selain beberapa kelebihan yang telah dipaparkan di atas, utilities pembantu ini masih memiliki beberapa kelebihan menarik lainnya. Jika dibandingkan dengan software sejenisnya, dapat dikatakan bahwa Screenshot It memiliki beberapa keunggulan yang sangat berguna.

Pengujian

Di pengujian kali ini, Anda akan menemukan bahwa feature yang disediakan memang sangat bermanfaat untuk para pengguna. Salah satunya adalah tersedianya fasilitas rotate image yang dapat digunakan untuk memutar hasil screenshot yang telah diambil dari posisi original-nya dan memutarnya searah jarum jam atau berlawanan dengan jarum jam.

Posted Image

Bila pengambilan gambar tampil terbalik, Anda tidak perlu khawatir karena software ini juga menyediakan fasilitas flip out yang dapat memperbaiki masalah seperti ini. Semua dapat dilakukan dengan mudah.

Metode pengambilan gambar dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu dengan menggoyangkan device atau melakukan pengambilan gambar melalui pin bar bila Anda memilih untuk mengaktifkan feature ini. Seandainya kedua cara ini belum berhasil, Anda dapat mengatifkan feature Other Method untuk pengambilan screenshot.

Posted Image

Jika terjadi kesalahan warna saat pengambilan gambar, langkah yang paling tepat adalah dengan mengaktifkan fasilitas invert color. Koreksi warna yang dilakukan oleh aplikasi ini cukup efektif dan mampu mengkoreksinya dengan baik.

Setelah proses pengambilan gambar aplikasi ini akan memberikan pilihan sebelum Anda melakukan penyimpanan. Anda dapat meng-crop gambar yang telah diambil sesuai dengan kebutuhan. Baru setelah itu menyimpannya di memori internal atau eksternal.

Support

Untuk Anda yang merasa membutuhkan petunjuk penggunaan,, software ini memberikan tutorial yang menyediakan langkah demi langkah dan sangat mudah dimengerti. Edward kim sebagai developer aplikasi ini membandrol Screenshot It Pro dengan harga 3.99 US dolar. Dengan kemampuan yang ditawarkan, rasanya harga tersebut masih masuk akal.

Posted Image

Kesimpulan

Dengan Screenshot It, rasanya Anda tidak lagi harus menjalani proses yang sangat panjang untuk pengambilan gambar. Kemampuan aplikasi ini memang patut untuk diacungi jempol. Hanya dengan beberapa langkah mudah, Anda sudah dapat mengambil gambar untuk berbagai dengan para kolega.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s