Cara posting artikel di WordPress menggunakan HP Android

Sekitar dua hari yang lalu ada komentar yang masuk ke harga-hp.com dan menanyakan mengapa tidak bisa upload foto ke website berbasis WordPress dengan menggunakan aplikasi WordPress for Android.

Saat saya coba, ternyata memang sulit untuk mengupload foto menggunakan aplikasi tersebut. Jangankan untuk upload foto, untuk membuat postingan baru saja saya kesulitan jika menggunakan aplikasi WordPress for Android.

Tetapi saya tidak menyalahkan aplikasinya, karena kemungkinan saya gagal upload akibat koneksi internet yang digunakan sedang lambat atau bisa jadi memang aplikasi androidnya yang tidak cocok dengan handphone.

Saya pun mencari cara agar bisa posting artikel di WordPress langsung dari hp atau tablet Android. Dan cara yang saya coba adalah menggunakan aplikasi Boat Browser.

Aplikasi ini adalah aplikasi Browser Android semacam Opera Mini, Dolphin HD, Firefox, dll. Kenapa saya pilih Boat browser? Sebenarnya tidak ada alasan spesifik, hanya saja aplikasi ini mendukung flash dan tampilan desktop, namun tidak terlalu memberatkan kinerja sistem (setidaknya berdasarkan pengalaman pribadi).

Apabila anda ingin mencoba posting artikel WordPress melalui handphone Android, coba saja dahulu menggunakan aplikasi Browser bawaan hp/tabletnya, tidak perlu menginstall Boat Browser.

Berikut caranya:
1. Install Aplikasi Boat Browser atau gunakan browser bawaan tablet / hp Android

2. Masuk ke dashboard WordPress seperti ketika Anda menggunakan komputer

3. Klik ke “Post” > klik “add new”

4. Klik “HTML” karena kita tidak dapat menggunakan visual Mode, dan harus menggunakan HTML mode untuk menulis artikel (lihat Gambar dibawah)

5. Apabila ingin upload foto, klik tombol upload (lihat gambar dibawah) > klik “Select Files” > cari foto yang mau di upload

6. Kalau terjadi masalah saat upload foto, klik “Browser Uploader” > klik “choose file” > cari foto / gambar yang ingin di upload > klik “upload”

7. Setelah selesai semua, klik “Publish”

Gambar “Tombol upload” dan “HTML mode”:
Cara posting artikel di wordpress

Beberapa catatan:
– Tulisan tangan saya ternyata jelek ya (lihat gambar diatas) :D
– Cara ini mungkin tidak bekerja pada tablet atau handphone Android yang tidak mensupport Adobe Flash Player
– Disarankan agar Anda menulis artikel di aplikasi lainnya terlebih dahulu, misalnya aplikasi notepad, atau aplikasi pengelola teks di Android lainya. Setelah artikel selesai, baru tulisannya di copy paste ke WordPress.

Menulis postingan di komputer memang jauh lebih nyaman, tapi kalau tidak ada pilihan lain, tidak ada salahnya dicoba pilihan diatas. Demikianlah artikel “cara posting artikel di WordPress menggunakan handphone Android” persembahan harga-hp.com, semoga bermanfaat :)

Note: artikel dan gambar yang ada di postingan kali ini di upload langsung dari handphone Android, tidak melalui komputer

One thought on “Cara posting artikel di WordPress menggunakan HP Android

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s